Google Translate

KONSEP SUKSES DALAM PERSPEKTIF AGAMA

KONSEP SUKSES DALAM PERSPEKTIF AGAMA
        Sukses adalah hal yang di inginkan oleh setiap orang dimanapun berada, segala hal dilakukan manusia untuk mencapai kesuksesaan namun, apa itu sukses? Sukses adalah sebutan bagi berhasilnya suatu usaha atau tercapainya suatu tujuan, tapi kebanyakan sukses di artikan sebagai kaya atau orang yang sukses bararti orang yang kaya, namun pada dasarnya sukses itu tergantung dari apa yang ingin dicapainya dalam suatu hal. Lalu bagaimana cara mencapai kesuksesan? Dalam pandangan agama agar manusia selalu sukses dalam segala terutama dalam mencari nafkah atau harta yaitu dengan cara selalu berpikiran positif, mempunyai mental yang kuat, fisik yang mendukung, emosi yang pas, dan spiritual yang sesuai dengan agama islam atau bia dikatakan iman kepa Alloh yang kuat, tetap yakin kalau semua Alloh yang menentukan dan Alloh akan memberikan yang terbaik buat umatnya selama umatnya bertakwa kepada-Nya, selalu berdo’a dan berusaha. Jangan mudah menyerah dan terus mencoba, jangan mengeluh atas segala kekurangan termasuk kekurangan fisik karena Alloh menciptakan manusia dalam segala bentuk yang baik seperti dalam Qur’an Surat At-tin ayat 4 :

Artinya : “Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.”
        Manusia juga perlu memperhatikan beberapa hal yang menyebabkan gagalnya atau sulitnya jalan menuju suatu kesuksesan seperti lingkungan yang tidak baik, contohnya salah memilih teman, hal ini sangat berpengaruh karena kabanyakan manusia mengikuti temanya, maka janganlah berteman dengan orang negatif, dan bertemanlah dengan orang positif. Umat islam tentunya sangat menginginkan kesuksesan baik didunia maupun di akhirat, oleh karena itu manusia harusnya mengimbangi antara kepentingan dunia dan akhirat yaitu dengan cara tetap melaksanakan ibadah sesuai dengan ketentuan agama dan selalu menafkahkan hartanya dinjalan Alloh agar senantiasa terjaga keimananya.
    Pada hakikatnya kesuksesan didunia adalah semata-mata titipan dari Alloh, manusia hanya bisa memanfaatkanya, sementara kesuksesan akhirat salah satunya tergantung bagaimana cara manusia memanfaatkan kesuksesan dunia, apakah dimanfaatkan di jalan Alloh atau di manfaatkan untuk hal yang dilarang oleh Alloh. Beberapa cara memanfaatkan kesuksesan harta dunia agar sukses juga di akhirat :
-    Harta diperlukan untuk ibadah, anatara lain :
    Untuk membeli pakaian yang bagus dan rapi juga wangi untuk melaksanakan ibadah shalat.
    Untuk melaksanakan rukun islam yang ke 5 juga diperlukan harta yang tidak sedikit.
    Untuk zakat kepada orang yang berhak menerima zakat.
    Untuk sedekah dan amal jariah.dll
-    Harta diperlukan untuk membela kebenaran, mempersatukan umat islam.dll
    Kesuksesan jangan dijadikan tujuan hidup tapi jadikanlah kesuksesan sebagai jalan untuk mencapai tujuan hidup kita yang sebenarnya. Jangan mau diperbudak demi tercapainya kesuksesan dunia karena dunia hanya sementara sedangkan kesuksesan akhirat adalah abadi yaitu selamanya, jangan kita mau melakukan semua hal termasuk yang dilarang agama demi tercapainya kesuksesan dunia, sementara ibadah kita tidak diperdulikan.
    Olehkarena itu kesuksesan dalam perspektif islam adalah kesuksesan yang baik didunia dan di akhirat. Tetap berusaha dan berdo’a dan jangan pantang menyerah untuk tercapainya kesuksesan dalam segala urusan, namun tetaplah yakin semua itu milik Alloh dan akan kembali kepada-Nya, manusia bisa merencanakan atau mengusahakan tapi tetap Alloh yang menentukan karena Alloh yang maha kuasa dan maha mengetahui segala urusan .

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

 
© ILMU TEKNIK INFORMATIKA
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top