Google Translate

Makalah Bisnis

                                                        ABSTRAK
Peluang adalah kesempatan atau keadaan yang tepat dan pas untuk melakukan sesuatu, sedangkan bisnis adalah usaha atau pekerjaan yang dilakukan seseoarang atau sekelompok orang dalam mencari uang baik dengan kerjasama atau tidak. Peluang bisnis dapat muncul kapanpun dan dimanapun dalam keadaan apapun, tinggal bagaimana orang itu bisa melihat atau tidak tentang adanya peluang yang bisa dijadikan bisnis yang menguntungkan.
Bicara peluang bisnis sebenarnya tidak terbatas karena sumber daya manusia dan alam di bumi ini sangatlah banyak dan semua bisa dijadikan bisnis, namun sebagaian besar peluang bisnis muncul dari beberapa hal, seperti lingkungan, teman, kenalan, saudara, skill (keahlian), keluarga, bahkan hanya dengan modal proposal. Tinggal bagaimana seseorang menghadapi peluang yang ada.
Peluang bisnis yang telah kita dapatkan tinggal kita manfaatkan peluang bisnis tersebut dengan sebaik-baiknya agar bisa berbisnis dengan aman, dan sukses tentunya, ada beberapa cara memanfaatkan peluang bisnis tergantung bentuk bisnis, keadaan lingkungan bisnisnya dan beberapa sikap yang harus dimiliki oleh orang yang memanfaatkan peluang tersebut. Dalam memanfaatkan peluang tentunya banyak didapat halangan, cobaan dan beberapa hal yang menghambat dalam berbsnis bahkan bisa menyebabkan kegagalan dalam berbisnis.
Bisnis menurut islam sudah dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw, seperti yang kita tau sebelum Nabi menjadi rosull beliau berdagang, dalam berdagang beliau sangatlah jujur dan apa adanya tanpa ada peniruan atau ria atau apapun yang bersifat dosa, dalam kehidupan sekarang ini berbisnispun sudah diatur dalam Al-qur’an bahkan lengkap dengan cara-cara berbisnis yang baik yang sesuai syari’at islam.

Pengertian Peluang Bisnis
Peluang adalah kesempatan atau keadaan yang tepat dan pas untuk melakukan sesuatu, sedangkan bisnis adalah usaha atau pekerjaan yang dilakukan seseoarang atau sekelompok orang dalam mencari uang baik dengan kerjasama atau tidak. Cobalah lihat disekitar kita adakah peluang bisnis?jawabanya tergantung bagaimana anda melihat dari sisimananya, dlam berbisnis manusia tidak dibatasi mau berbisnis apa, bisa berbisnis hewan, dalam artian peternakan, bisa berbisnis alat-alat yang banyak dibutuhkan dilingkunagan masing-masing, karena setiap daerah memiliki kebutuhan yang berbeda-bada, dan masih banyak lagi.
Dalam berbisnis tentunya banyak yang dibutuhkan baik berupa materi, skill, atau pengorbanan waktu dan lain-lain. Contoh dalam materi mungkin ini sangatlah dibutuhkan karena sebagai modal awal dalam berbisnis, dalam hal skill bisa berupa kemampuan berkomunikasi dengan orang di ajak berbisnis, pengorbanan waktu sudah jelas karena jika berbisnis tapi tidak punya waktu untuk melakuknya jelas tidak akan berjalan, contoh lain adalah modal pendidikan yang dimiliki, biasanya semakin tinggi pendidikan yang ditempuh semakin banyak juga peluang yang dimiliki dan peluang yang muncul juga jauh lebih menguntungkan daripada peluang yang didapat oleh orang yang berpendidikan rendah.
Macam Macam Peluang Bisnis
Seperti yang ditulis diatas peluang bisnis sagatlah banyak dan tidak terbatas, namun sebagian besar peluang bisnis yang berhasil dimanfaatkan dan kebanyakan berhasil hanya beberapa saja, di antaranya : pertama, berbisnis dalam bidang makan, seperti yang kita manusia sangatlah bergantung pada makan karena tanpa makan manusia tidak akan dapat melanjutkan hidup, maka dari itu bisnis makanan sangatlah mudah untuk sukses tapi karena banyak yang sadar dengan hal tersebut maka munculah berbagai macam halangan seperti banyaknya pesaing, disini pelaku bisnis sangat dituntut untuk berinovasi dan kreatif seperti membuat sesuatu yang berbeda dari yang lain agar tidak kehilangan pelanggan, meningkatkan pelayanan agar pelanggan merasa nyaman, dan lain-lain. Kedua, bisnis yang sesuai dengan kebutuhan daerah masing-masing, seperti di daerah jaogja, kita tau bahwa jogja adalah kota pelajar yang
mempunyai banyak perguruan tinggi dan universitas juga sekolah-sekolah lain, maka bisnis yang paling cocok dijogga ya yang sesuai dengan kebutuhan pelajar, seperti buku, kos, alat-alat kuliah seperti komputer, servis komputer dan lain-lain.
Selain itu peluang usaha juga muncul karena adanya skill atau keahlian pada diri kita atau pada diri orang dekat kita yang dapat kita manfaatkan untuk berbisnis, contohnya bisnis otomotif dan pakaian, buatlah sesutu yang sesuai dengan target pasar agar bisnis tetap berjalan dan sukses. Kita bisa memanfaatkan orang terdekat kita untuk ikut berbisnis seperti orang tua, istri, mertua, dan lain-lain. Contoh dalam seminar ada orang bertanya tentang calon istri yang pas dengan keinginannya yaitu ingin menjadi pengusaha tapi orang tuanya menginginkan menjadi pegawai negri. “ kalau kamu nekad berwiraswasta, bapak tidak akan memberi modal kepada kamu, ”akan tetapi, orang tersebut tetap ngotot ingin menjadi, untuk itu disarankan . “ carilah istri yang sholehah, cantik, anaknya orang kaya, tunggal, dan kedua orang tuanya sudah akan meninggal, anda akan mendapatkan warisan yang bisa dipakai untuk modal usaha.” Seluruh peserta seminar tertawa terbahak-bahak dengan jawaban terebut.
Memanfaatkan Peluang Bisnis
Setelah kita tau tentang macam-macam peluang bisnis dan bagaimana cara menemukanya, sekarang kita perlu tau bagaimana cara memanfaatkanya atau membuat peluang usaha tersebut menjadi usaha berhasil dan sukses juga trik-tips cara memanfaatkan peluang bisnis.
Berikut ini ada beberapa tips cepat dan praktis mamanfaatkan peluang usaha :
 Menciptakan visi-misi dan berusaha mengejarnya
 Terimalah kegagalan sebagai pelajaran
 Hindari sikap emosi
 Jangan merasa dalam tekanan
 Bersikap realistis
 Bergairah dan menikmati usaha
 Kemampuan menjalankan usaha
 Berpikir jangka panjang
 Sikap mental positif
 Ambil langkah untuk melakuakn bisnis dan jangan ditunda
 Berdo’alah dan beribadahlah karena semua ketentuan tetap ada pada Alloh Saw.
Hal yang perlu diperhatikan dalam memanfaatkan peluang bisnis adalah anda harus menjatuhkan pilihan hanya untuk satu model usaha, dan konsentrasi pada model tersebut agar pikiran anda benar-benaar tertuju pad usaha tersebut dan tidak terbagi-bagi dengan urusan lain dan untuk anda tekuni lebih dalam, sehingga bisa meraih sukses di bidang tersebut.
Berbisnis Dalam Islam
Bisnis menurut islam sudah dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw, sesuai landasan keimanan dapat dengan mudah merujuk sumber nilai etika bisbisnya. Yakni perilaku bisnis beliau yang sebelum di angkat menjadi nabi memang berprofesi sebagai pedagang. Kehidupan muhammad meriwayatkan kejujuran dalam berniaga. Ia selalu menggelar secara terbuka harga pokok barang daganganya, biaya tambahan yang dipikulnya dan bahkan besar keuntungan yang dikehendakinya. Ia juga berterus terang tentang barang yang di jajakanya. Semua itu dilakukanya demi memuaskan pembeli, agar mereka kelak berkembang menjadi pelanggan.
Perilaku tersebut dimuat secara tegas dalam Al-qur’an bahkan lengkap dengan cara-cara berbisnis yang baik yang sesuai syari’at islam. Yang bisa dijadikan pedoman dalam berbisnis sekarang ini, seperti prinsip-prinsip yang diatur, antara lain: memenuhi perjanjian (taaruf), memperbaiki, membuat sesuatu yang lebih baik, meningkatkan mutu (ikhsan), menjaga diri dari sikap yang merugikan atau merusak, bertindak secara tanggung jawab (taqwa), melakukan sesuatu dengan cara yang baik (qaulun ma’ruf). Semua itu merupakan modal terbaik dalam melakukan kegiatan ekonomi antar manusia (muamalah) yang merujuk pada pentingnya upaya mendapatkan kepercayaan masyarakat.

                                                                 Daftar Pustaka
m.suyanto, 2006, 15 rahasia mengubah kegaglan menjadi kesuksesan dengan kecerdasan spiritual. ANDI. Yogyakarta
m.suyanto, 2011, everyone can become a succesfull entrepreneur. ANDI. Yogyakarta
Noer Rosita, 1998, menggugah etika bisnis orde baru. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta








dwonload file PDF disini
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

 
© ILMU TEKNIK INFORMATIKA
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top