ò IMK adalah Ilmu
yang mengkaji tentang komunikasi dan interaksi pengguna sistem dan sistem yang
digunakan. Tidak hanya sistem komputer, interaksi di sini juga meliputi sistem
kendaraan, peralatan rumah tangga dan sebagainya.
ò Definisi IMK Sekumpulan
proses, dialog dan kegiatan di mana pengguna dapat memanfaatkan dan
berinteraksi dengan kom13puter.
Disiplin ilmu yang menekankan pada
aspek desain evaluasi dan implementasi dari sistem komputer interaktif, untuk
kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena di sekitar manusia
itu sendiri
Suatu studi ilmiah tentang masyarakat
di dalam lingkungan kerjanya
ò Rekayasa perangkat lunak (software engineering) bisa didefinisikan sebagai berikut :
Instruksi-instruksi
yang bila dieksekusi akan memberikan fungsi dan kerja yang dinginkan; atau
Struktur data yang memungkinkan suatu program memanipulasi informasi secara
proposional sesuai dengan kebutuhan user.
Dokumen yang
menggambarkan operasi dan kegunaan program
ò Factor Ergonomik berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang
nyaman. Hal
ini lebih berhubungan bagaimana manusia dapat menggiunakan komputer dengan nyaman dengan peletakan layar komputer, CPU, keyboard, Mouse dan piranti lainya.
ini lebih berhubungan bagaimana manusia dapat menggiunakan komputer dengan nyaman dengan peletakan layar komputer, CPU, keyboard, Mouse dan piranti lainya.
ò Factor Kecerdasan buatan (artificial inttlegence) merupakan suatu bagian ilmu
komputer yang bertujuan agar komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan
sebaik yang dilakukan manusia serta menggabungkan cara berfikir manusia dengan
mesin, untuk mengambil keputusan, memecahkan masalah dan pembelajaran
ò Factor Linguistics atau bahasa sangatlah penting dalam IMK. Bahasa digunakan untuk
melakukan interaksi, untuk menyampaikan informasi. Pembuatan aplikasi atau
media interaksi membutuhkan rangkaian bahasa yang tepat, sehingga user dengan
mudah memahami dan nyaman dalam menggunakannya
ò Factor Pemahaman
akan psikologi orang yang akan
menggunakan software sangatlah dbutuhkan dalam interkasi manusia dan komputer
mengingat setiap user memiliki sifat dan kelakuan yang berbeda. Faktor
psikologi juga mencakup pengetahuan dan keahlian pengguna di dalam
mempersepsikan dan memecahkan masalah (problem solving).
ò Factor multimedia Konteks multimedia digunakan sebagai sarana dialog yang sangat efektif
antara manusia dan komputer. Dengan multimedia, informasi dari interaksi lebih
mudah diberikan. Informasi bisa diberikan dengan perpaduan text, gambar, video,
suara dan animasi.
ò Faktor antropologi memberikan gambaran tentang cara kerja kelompok yang masing-masing
anggotanya diharapkan dapat memberikan kontribusi sesuai bidang masing-masing.
ò Factor sosiologi Pada interaksi manusia dan komputer, sosiologi berhubungan dengan
pengaruh sistem komputer dalam struktur sosial. Pada intinya faktor ini
merupakan konteks dari suatu interaksi.
ò Factor penulisan Suatu produk (program) yang dibuat membutuhkan manual agar orang yang
belum biasa menggunakan produk tersebut bisa memelajarinya terlebih dahulu agar
kemudian dapat menjadi interaksi yang baik antara orang itu dengan komputer.
ò Factor matematika adalah Yang dimaksud dengan matematika dalam hubungan manusia dan
komputer adalah bahwa pembuatan suatu produk (software) haruslah efesien dalam
perhitungan matematika. Jika suatu software bisa dijalankan oleh semua orang,
baik yang baru belajar komputer maupun yang telah pakar, unsur kemudahan dalam
segi hitungan matematika akan membuat software itu disukai oleh banyak orang.
ò Faktor bisnis mempengaruhi
perkembangan interaksi manusia dan komputer. Produk-produk yang dibuat, baik
itu produk perusahaan, kelompok atau perorangan, semakin memudahkan terjadinya
interaksi manusia dan komputer.
0 comments