Google Translate

MEMBUMIKAN AKHLAK ISLAM

MEMBUMIKAN AKHLAK ISLAM
                Akhlak pada arti yang labih umum diketahui adalah kelakuan atau perbuatan seseorang, kebiasaan dan hal-hal yang berhubungan dengan hal tersebut. Sama seperti akhlak ada juga yang disebut etika, moral, adab yang semua itu berhubungan dengan sikap, kelakuan. Dalam kehidupan sehari kita mengenal akhlak baik dan buruk namun ada beberapa sinonimnya seperti akhlak mulia, dll. Tapi yang dikehendaki agama adalah akhlak baik/mulia tentunya seperti hadits nabi yang menyatakan kalau sesungguhnya Nabi Muhammad SAW datang adalah untuk menyempurnakan akhlak manusia, karena pada waktu itu akhlak manusia sangat buruk karena masih pada zaman jahiliyah.

Dalam kehidupan sehari-hari akhlak sangat berpengaruh terhadap pandangan seseorang kepada orang lain, akhlak cenderung menjadi patokan tentang pandangan seseorang, seseorang yang baik atau buruk bisa dilihat dari akhlaknya. Dalam sebuah hadits menyatakan bahwa orang  yang paling dengan Alloh adalah orang yang bertakwa kepada Alloh, dalam hal ini takwa adalah takut kepada Alloh, manusia jika merasa takut kepada Alloh pastilah menjauhi hal-hal yang dilarang oleh Alloh dan secara otomatis akan berakhlak seperti yang diperintahkan Alloh yaitu berakhlak mulia/baik, peranan akhlak dalam kehidupan beragama tentu sangat jelas, tanpa agama akhlak manusia sama seperti zaman sebelum adanya rosululloh yaitu zaman jahiliyah, agama adalah sumber utama akhlak-akhlak baik dan mulia karena agama terutama agama islam hanya mengajarkan kepada umatnya tentang berperilaku baik dan terpuji serta berakhlak mulia. Namun hal yang paling berpengaruh dalam pembentukan akhlak manusia adalah lingkungan, baik lingkungan keluarga maupun lingkungan lainya seperti teman dan pergaulan.
            Di indonesia terutama di jawa akhlak baik sangat dijunjung tinggi karena adat istiadat daerah jawa, namun sekarang sudah banyak warga jawa yang tidak berakhlak baik yang kebanyakan disebabkan karena pergaulan yang buruk yang jauh dari akhlak-akhlak islami karena sudah terpengaruh oleh budaya modern, contohnya banyak manusia yang yang sudah tidak menghormati orang yang lebih tua, tidak sopan dan tidak beradab. Akhlak manusia sudah banyak yang hancur karena sudah banyak yang tidak kenal dengan agama dan perintah-perintahnya, oleh karena itu orang tua harus bisa berperan penting dalam memperkenalkan kepada anaknya tentang agama lebih dalam sejak kecil agar jika sudah dewasa tidak terpengaruh oleh budaya-budaya modern yang tidak baik dan bisa merusak akhlak manusia.
            Sekarang fasilitas sebenarnya tidak bersifat buruk tapi semua tergantung yang menggunakan, namun kebanyakan manusia menganggap penyebab utama rusaknya akhlak manusia adalah fasilitas modern padahal jika falitas-falitas tersebut dimanfaatkan ke hal yang baik bisa menumbuhkan akhlak yang terpuji, jika diperhatikan dari uraian di atas semua kembali lagi ke manusia itu sendiri, bagaimana manusia yang menggunakanya dan semua itu tergantung iman dan akhlaknya,  jadi sangat penting menumbuhkan & menguatkan akhlak manusia sejak dini agar jika dewasa bisa memanfaatkan fassilitas-fasilitas modern untuk hal yang baik & terpuji agar tercipta akhlak yang baik & mulia sedangkan jika kalau sudah dewasa manusia cenderung sulit di atur dan semaunya sendiri kalau tidak mempunyai iman.
            Kita selaku umat islam bisa berusaha sama-sama memulihkan akhlak islam dimulai dari diri sendiri terus ke orang lain agar umat islam bisa sembuh dari akhlak yang buruk ke akhlak yang baik
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

 
© ILMU TEKNIK INFORMATIKA
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top