Google Translate

Interaksi Manusia Dan Komputer


ò  IMK adalah Ilmu yang mengkaji tentang komunikasi dan interaksi pengguna sistem dan sistem yang digunakan. Tidak hanya sistem komputer, interaksi di sini juga meliputi sistem kendaraan, peralatan rumah tangga dan sebagainya.
ò  Definisi IMK Sekumpulan proses, dialog dan kegiatan di mana pengguna dapat memanfaatkan dan berinteraksi dengan kom13puter.
Disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain evaluasi dan implementasi dari sistem komputer interaktif, untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena di sekitar manusia itu sendiri
Suatu studi ilmiah tentang masyarakat di dalam lingkungan kerjanya
ò  Rekayasa perangkat lunak (software engineering) bisa didefinisikan sebagai berikut :
            Instruksi-instruksi yang bila dieksekusi akan memberikan fungsi dan kerja yang dinginkan; atau Struktur data yang memungkinkan suatu program memanipulasi informasi secara proposional sesuai dengan kebutuhan user.
            Dokumen yang menggambarkan operasi dan kegunaan program
ò  Factor Ergonomik berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman. Hal
ini lebih berhubungan bagaimana manusia dapat menggiunakan komputer dengan nyaman dengan peletakan layar komputer, CPU, keyboard, Mouse dan piranti lainya.
ò  Factor Kecerdasan buatan (artificial inttlegence) merupakan suatu bagian ilmu komputer yang bertujuan agar komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia serta menggabungkan cara berfikir manusia dengan mesin, untuk mengambil keputusan, memecahkan masalah dan pembelajaran
ò  Factor Linguistics atau bahasa sangatlah penting dalam IMK. Bahasa digunakan untuk melakukan interaksi, untuk menyampaikan informasi. Pembuatan aplikasi atau media interaksi membutuhkan rangkaian bahasa yang tepat, sehingga user dengan mudah memahami dan nyaman dalam menggunakannya
ò  Factor Pemahaman akan psikologi orang yang akan menggunakan software sangatlah dbutuhkan dalam interkasi manusia dan komputer mengingat setiap user memiliki sifat dan kelakuan yang berbeda. Faktor psikologi juga mencakup pengetahuan dan keahlian pengguna di dalam mempersepsikan dan memecahkan masalah (problem solving).
ò  Factor multimedia Konteks multimedia digunakan sebagai sarana dialog yang sangat efektif antara manusia dan komputer. Dengan multimedia, informasi dari interaksi lebih mudah diberikan. Informasi bisa diberikan dengan perpaduan text, gambar, video, suara dan animasi.
ò  Faktor antropologi memberikan gambaran tentang cara kerja kelompok yang masing-masing anggotanya diharapkan dapat memberikan kontribusi sesuai bidang masing-masing.
ò  Factor sosiologi Pada interaksi manusia dan komputer, sosiologi berhubungan dengan pengaruh sistem komputer dalam struktur sosial. Pada intinya faktor ini merupakan konteks dari suatu interaksi.
ò  Factor penulisan Suatu produk (program) yang dibuat membutuhkan manual agar orang yang belum biasa menggunakan produk tersebut bisa memelajarinya terlebih dahulu agar kemudian dapat menjadi interaksi yang baik antara orang itu dengan komputer.
ò  Factor matematika adalah Yang dimaksud dengan matematika dalam hubungan manusia dan komputer adalah bahwa pembuatan suatu produk (software) haruslah efesien dalam perhitungan matematika. Jika suatu software bisa dijalankan oleh semua orang, baik yang baru belajar komputer maupun yang telah pakar, unsur kemudahan dalam segi hitungan matematika akan membuat software itu disukai oleh banyak orang.
ò  Faktor bisnis mempengaruhi perkembangan interaksi manusia dan komputer. Produk-produk yang dibuat, baik itu produk perusahaan, kelompok atau perorangan, semakin memudahkan terjadinya interaksi manusia dan komputer.


Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© ILMU TEKNIK INFORMATIKA
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top